Apakah Uban Boleh Dicabut? Inilah Faktanya 

Munculnya uban pada rambut biasanya disebabkan oleh faktor usia. Semakin bertambah usia, maka uban juga semakin bermunculan di kulit kepala. Mencabut uban menjadi pilihan yang biasanya kamu ambil jika merasa kurang nyaman dengan kondisi tersebut. Namun, apakah uban boleh dicabut

Bagi kamu yang masih bertanya-tanya mengenai boleh atau tidaknya mencabut uban, maka pembahasan kali ini akan sangat bermanfaat. Sebab, pada artikel ini kita akan membahas mengenai berbagai fakta menarik seputar uban. Oleh sebab itu, mari kita simak bersama. 

Penyebab Munculnya Uban 

Uban bisa muncul karena berbagai penyebab. Biasanya, hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor. Apa saja faktor penyebab munculnya uban? Berikut ulasannya. 

  1. Usia 

Munculnya uban secara umum disebabkan karena bertambahnya usia. Rambut yang tadinya berwarna putih perlahan akan berubah menjadi abu-abu dan putih. 

Hal tersebut disebabkan karena produksi melanin di dalam tubuh akan berkurang. Inilah yang menyebabkan munculnya uban. 

  1. Genetik 

Faktor genetik menjadi salah satu penyebab munculnya uban yang tidak dapat dihindari. Biasanya, rambut yang memutih di usia muda disebabkan karena faktor ini. Bisa jadi orang tua atau anggota keluarga yang lainnya juga mengalami hal tersebut. Tidak terkecuali keturunan kamu kelak. 

  1. Kesehatan 

Penyebab lainnya mengapa uban bisa muncul dipengaruhi oleh faktor kesehatan. Misalnya kondisi yang dinamakan dengan vitiligo. Kondisi tersebut merupakan autoimun yang membuat sebagian rambut kehilangan pigmen warna dan memutih. 

Selain itu, gangguan pada kelenjar pituitary dan kekurangan nutrisi juga bisa menyebabkan munculnya uban. Bahkan, jika seseorang kekurangan nutrisi bisa membuat rambut menipis, rapuh hingga rontok. 

  1. Kebiasaan Merokok 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang merokok memiliki potensi beruban di bawah usia 30 tahun. Selain itu, merokok juga bisa membuat pembuluh darah menyempit dan akhirnya aliran darah ke folikel rambut berkurang. Hal itu juga bisa menyebabkan rambut mengalami kerontokan. 

Apakah Uban Boleh Dicabut? 

Apakah uban boleh dicabut? Itulah pertanyaan yang sering ditanyakan orang-orang khususnya yang sudah memiliki uban. Terkadang mereka merasa kurang percaya diri ketika uban di rambut mulai terlihat. 

Ada yang mengatakan bahwa mencabut uban bisa membuat rambut kembali hitam. Apakah hal tersebut benar? Faktanya, rambut kembali menghitam setelah ubannya dicabut adalah mitos belaka. Hal tersebut belum dibuktikan secara medis sehingga tidak ada fakta yang menyebutkan pernyataan tersebut merupakan suatu kebenaran. 

Mengenai pertanyaan apakah uban boleh dicabut secara medis, maka jawabannya adalah tidak disarankan. Hal tersebut disebabkan karena mencabut uban bisa merusak tekstur pada permukaan kulit kepala. Uban pun nantinya akan muncul lagi karena produksi pigmen yang sudah tidak baik. Maka, dapat disimpulkan bahwa tidak disarankan untuk mencabut uban. 

Tips Merawat Rambut Beruban 

Sekarang kamu sudah mengetahui apakah uban boleh dicabut atau tidak. Maka, jika kamu sudah terlanjur memiliki uban pilihan terbaiknya adalah dengan merawat rambut yang beruban. 

Jangan khawatir, merawat rambut yang beruban tidaklah sulit. Kamu hanya perlu ketekunan dan tekad yang kuat. Apa saja tips untuk merawat rambut beruban? Inilah penjelasannya. 

  1. Memenuhi kebutuhan vitamin 

Orang yang kekurangan vitamin B12 (kobalamin) berpotensi membuat pertumbuhan uban meningkat. Selain B12, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, D dan E agar pertumbuhan rambut baik. 

  1. Mineral yang cukup 

Beberapa makanan yang bisa mempertahankan warna rambut adalah zinc, zat besi, magnesium, selenium dan tembaga. 

  1. Berhenti merokok 

Rokok mengandung racun yang berpotensi merusak folikel rambut dan memicu munculnya uban. Berhenti merokok bisa menjadi salah satu pilihan jika ingin warna rambut kamu tetap hitam. 

  1. Mengelola stress dengan baik 

Mengelola stress adalah cara terbaik untuk menghambat pertumbuhan uban. Mengelola stress juga bisa menghindarkan kamu dari berbagai macam penyakit. 

Nah, itulah pembahasan mengenai apakah uban boleh dicabut atau tidak, yang pastinya akan sangat membantumu. Ingat, usahakan tidak mencabut uban! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *